Home » Berita » PEMBEKALAN KEGIATAN PENUMBUHAN WIRAUSAHAWAN MUDA PERTANIAN (PWMP) BIDANG PETERNAKAN

RSS Jurnal Ilmiah Peternakan Terpadu

  • An error has occurred, which probably means the feed is down. Try again later.

PEMBEKALAN KEGIATAN PENUMBUHAN WIRAUSAHAWAN MUDA PERTANIAN (PWMP) BIDANG PETERNAKAN

Tujuan dari perguruan tinggi selain mencetak alumni sebagai tenaga kerja  yang siap guna dan berdaya saing juga mencetak wirausahawan (enterpreuner). Oleh karnanya Kementan melaksanakan program pemberdayaan bagi alumni yang telah mempunyai usaha yaitu Penumbuhan Wirausahawan Muda Pertanian (PWMP).

Pada tahun 2016 sebagai pelaksana kegiatan PWMP ini 5 Perguruan Tinggi yang tersebar di Indonesia, daiantaranya Universitas Brawijaya, Universitas Gadjah Mada, Univeristas Padjajaran, Universitas Lampung, STTP Malang dan STTP Bogor. Unila merupakan satu-satunya perguruan tinggi di Sumatera yang menerima program ini. Dengan Visi FP Unila menuju “Best five in 2025” diharapkan program ini mampu menjadi salah satu indaktor keberhasilan visi tersebut.

FP Unila berhasil mengikutsertakan 25 kelompok usaha bidang pertanian dengan 10 kelompok merupakan bidang peternakan. Masing-masing kelompok yang beranggotakan 3 alumni ini akan didanai sebesar 35 juta untuk pengembangan usahanya.

 

IMG20160722144455
Dr. Ir. Kuswanta, F. Hidayat, M.S  membuka kegiatan pembekalan bagi peserta PWMP tahun 2016

Maka pada tanggal 22 juli 2016 pada pukul 14.30 WIB bertempat di ruang kuliah peternakan PTK 201 diadakan pembekalan bagi kelompok wirausaha yang didanai tersebut. Acara pembekalan dihadiri oleh perwakilan dari Dekanat yang diwakili oleh Wakil Dekan III bidang Kemahasiswaan dan Alumni Dr. Ir. Kuswanta F. Hidayat, M.P serta  selaku Panitia, perwakilan dari Jurusan Peternakan Dr. Kusuma Adhianto, S.Pt, M.P, serta dosen pembimbing kegiatan Dr. Ir Erwanto, M.S dan drh. Purnama E.S, M.P.

Dalam sambutannya, Dr. Ir. Kuswanta, M.P mengharapkan semakin hari wirausahawan bidang pertanian mengalami peningkatan serta mampu survive menghadapi tantangan dunia pertanian. Jika suatu usaha sudah mampu bertahan makan target berikutnya yaitu menghasilkan keuntungan dari usaha tersebut. Pada penutupnya diharapkan  pera alumni yang menerima kegiatan PWMP ini mempunyai rasa tanggungjawab yang tinggi terhadap kegiatan.

IMG20160722144323
Peserta sedang mendengarkan arahan yang diberikan oleh tim pendamping kegiatan PWMP

Ditambahkan oleh Jurusan Peternakan bahwa keberhasilan 10 kelompok yang didanai ini merupakan keberhasilan Jurusan juga dalam mencetak alumni yang berdaya saing. Jika kelompok yang saat ini berhasil tidak melepas kemungkinan akan mengalami penambahan jumlah kelompok dari alumni Jurusan Peternakan yang akan didanai lagi pada nantinya. Kegiatan ini juga sebagai sarana mempererat tali silaturahmi anatara alumni dan Jurusan Peternakan maupun antara alumni itu sendiri.

IMG20160722144317
Peserta merupakan alumni Jurusan Peternakan FP Unila

Acara pembekalan diakhiri dengan materi yang disampaikan oleh pembimbing kegiatan Dr. Ir Erwanto, M.S dan drh. Purnama dengan teknis pelaksanaan. Kegiatan ini tidak hanya bagi yang kekurangan dana dalam usahanya, juga bagi calon wirausahawan yang baru memulai usahanya. AKW