Home » Uncategorized » 80 MAHASISWA PETERNAKAN UNILA HOMESTAY DI DESA MARGA KAYA LAMPUNG SELATAN

RSS Jurnal Ilmiah Peternakan Terpadu

  • An error has occurred, which probably means the feed is down. Try again later.

80 MAHASISWA PETERNAKAN UNILA HOMESTAY DI DESA MARGA KAYA LAMPUNG SELATAN

dsc_7944
Home Stay Jurusan Peternakan tahun 2016

Pengembangan ilmu pengetahuan pada masa kini semakin diperlukan. Unila sebagai salah satu Perguruan Tinggi melalui Jurusan Peternakan melakukan transfer of knowledge kepada masyarakat di Desa Marga Kaya Kecamatan Jati Agung Kabupaten Lampung Selatan. Kegiatan ini yaitu berupa homestay yang dilaksanakan mulai tanggal 16 – 18 September 2016.

‘Andai Aku Menjadi Peternak” merupakan tema yang diusung oleh Jurusan Peternakan untuk meningkatkan rasa kepercayaan diri mahasiswa bahwa beternak itu merupakan keputusan yang baik di iklim produk peternakan yang tidak stabil. Sasaran dari kegiatan ini yaitu mahasiswa Jurusan Peternakan sebanyak 80 orang yang terbagi dalam 16 rumah tangga ternak.  Menurut Ketua Pelaksana Homestay ini sekaligus Sekertaris Jurusan Peternakan Dr. Kusuma Adhianto, S.Pt, M.P, kegiatan ini pertama kali diadakan selama 26 tahun Jurusan Peternakan ini berdiri yang harapannya mampu mengakomodir mahasiswa untuk terjun langsung dan mempraktikkan ilmu yang didapat dibangku perkuliahan. Permasalahan yang muncul di dunia peternakan, khususnya peternak tradisonal langsung dapat dijumpai oleh mahasiswa dan secara langsung diharapkan mampu menganalisa jalan keluar permasalahan tersebut. Masih menurut beliau, kegiatan ini mampu menjembatani Dosen Jurusan Peternakan untuk menginformasikan hasil penelitian mereka kepada peternak dan bisa diaplikasikan oleh peternak dengan cara yang mudah.

dsc_7967
Ir. Syahrio Tantalo memberikan materi tentsng Etika pada pembekalan Home Stay

Kegiatan ini merupakan Grand Design yang disusun oleh Jurusan Peternakan berkaitan dengan kegiatan pengkaderan mahasiswa baru. Kegiatan seperti ini lebih nyata manfaatnya dikarenakan mahasiswa terjun langsung dalam dunia peternakan yang baru mereka kenal ketika masuk Jurusan Peternakan. Harapannya mampu menciptakan kader peternakan yang bertanggung jawab, berintegritas, tanggap dan mampu diandalkan dalam kondisi apapun.

dsc_8089
Prosesi Penerimaan Mahasiswa Homestay oleh Pernagkat Desa, Kecamatan dan pihak Kepolisian

Rangkaian kegiatan ini yaitu berupa penyuluhan yang materinya disampaiakn oleh dosen Jurusan Peternakan dan dilaksanakan di tiga kelompok ternak yang tersebar di  empat dusun. Menurut ketua Kelompok Ternak Maju Makmur yaitu bapak Budi, penyuluhan ini mampu menjadi tambahan ilmu dan motivasi bagi anggotanya sehingga ternak tidak hanya hobi atau tabungan namun sudah memikirkan profit oriented. Pelaksanaan penyuluhan pada kegiatan homestay dirasa perlu diadakan secara rutin agar peternak yang ada di Lampung dapat mengetahui perkembangan ilmu pegetahuan yang terkini sehingga tidak ketinggalan zaman.

 

Pada acara puncak kegiatan homestay yaitu pada hari minggu tanggal 18 September 2016 diadakan kegiatan bazar produk peternakan dan kebutuhan harian, perlombaan untuk anak sekolah dasar yang diselingi kegiatan kampanye gizi serta pengobatan masal dan pemeriksaan kebuntingan.  Dalam kegiatan bazar mahasiswa diharapkan mampu menumbuhkan jiwa berwirausaha, sehingga ketika lulus kelak tidak hanya sebagai pencari kerja namun sebagai pencipta lapangan pekerjaan. Kegiatan lain berupa perlombaan yang dihadiri lebih kurang 150 siswa sekolah dasar yang diakhiri dengan melaksanakan kampanye gizi yang kali ini disupport oleh Ikatan Sarjana Peternakana Indonesia (ISPI) cabang Lampung. Kegiatan kampanye gizi ini dilaksanakan dengan mengkonsumsi makanan asal ternak berupa telur puyuh dan susu segar.  Dikesempatan kali ini Ketua ISPI Ichwan Aji sangat mengapresiasi kegiatan homestay ini. Gagasan akan terlaksananya kegiatan ini patut dipuji dan dipertahankan jika perlu ditingkatkan lagi efektifitas kegiatannya sambung Ichwan Aji yang juga merupakan alumnus Jurusan Peternakan Unila.

Pengobatan ternak massal dan pemeriksaan kebuntingan sendiri dilaksanakan  tiga titik di empat dusun. Sasaran pengobatan massal ini yaitu para peternak yang masuk dalam kelompok maupun tidak untuk pemberian obat cacing bagi pejantan dan vitamin bagi betina yang mengalami kebuntingan. Selain itu dilaksanakan kegiatan pemeriksaan kebuntingan bagi induk sapi yang bunting. Kegiatan kali ini Jurusan Peternakan menggandeng Persatuan Dokter Hewan Indonseia (PDHI) yang mengerahkan 19 dokter hewan yang dikomandoi oleh drh. Husodo Hadi serta paramedis peternakan. Peternak yang ternaknya ingin diobati ini dikumpulkan dilokasi yang sudah disiapkan oleh panitia, sebanyak 91 peternak dengan jumlah ternak yang diobati 217 ekor. Salah satu lokasi yang digunakan dalam pengobatan ternak massal ini yaitu di Poskeswan berlokasi di  Dusun II Desa Marga Kaya tersebut.

 

Kegiatan ini tidak luput juga dari perhatian Dekanat Fakultas Pertanian Unila, dimana pada kegiatan puncak ini hadir untuk melihat respon kegiatan homestay ini. Pihak dekanat yang kali ini diwakili oleh Wakil Dekan III bidang kemahasiswaan dan alumni Dr. Ir. Kuswanta Futas Hidayat, M.P menyatakan sangat mendukung sekali kegiatan ini dan diharapkan pada kegiatan yang akan datang tidak hanya tiga hari saja namun dapat dilaksanakan 7-8 hari. Ditambahkannya pula agar diusulkan dalam kurikulum diperkuliahan  seperti halnya Praktik Umum maupun Kuliah Kerja Nyata.

Beberapa gambar kegiatan Home Stay

dsc_8104
Suasana Desa Marga Kaya
dsc_8120
Peserta Home Stay melaksanakan kegiatan peternak pembersihan kandang
dsc_8167
Mahasiswa mencari hijauan pakan ternak
dsc_8179
Pembuatan kandang jepit untuk pengobatan Massal